Cara Penerapan Konsumsi yang Efisien

Cara Menerapkan Pola Hidup Efisien dalam Berkonsumsi - Pernahkah kalian perhatikan bagaimana cara orang tua kalian membelanjakan pendapatannya? Cukupkah pendapatan mereka untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga? Apakah setiap bulan mereka dapat menabung? Atau sebaliknya, mereka sering berutang karena pendapatan kurang?

Sebenarnya berapa pun besar pendapatan, kita harus membelanjakannya seefisien/sehemat mungkin. Jangan sampai terjadi “besar pasak daripada tiang” (lebih besar pengeluaran dibanding pendapatan). Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa menerapkan pola hidup efisien dalam berkonsumsi? Yaitu dengan cara membuat anggaran rumah tangga setiap bulan.


Untuk membuat anggaran rumah tangga, kita bisa mengikuti langkahlangkah berikut.

1. Hitunglah semua pendapatan yang bisa kita peroleh dalam satu bulan.

2. Hitunglah semua pengeluaran yang harus dibiayai dalam bulan tersebut. Jangan lupa urutkan pengeluaran menurut skala prioritas (dari yang paling penting ke pengeluaran yang tidak penting).

3. Bila setelah dihitung ternyata total pengeluaran lebih besar dari total pendapatan maka kita harus memperbaiki daftar pengeluaran dengan cara mengurangi atau bahkan menunda beberapa pengeluaran yang kurang penting.

4. Usahakan ada bagian pendapat-an untuk ditabung. Kita sangat perlu untuk menabung dengan berbagai alasan, seperti meng-antisipasi kebutuhan yang mendadak, cadangan pendidikan, cadangan hari tua, dan lain-lain.

Cara Menerapkan Pola Hidup Efisien dalam Berkonsumsi


5. Bila anggaran rumah tangga yang kita susun sudah bagus, patuhilah anggaran tersebut dan jangan sekali-kali berbelanja yang tidak sesuai dengan rencana anggaran. Oleh karena itu, buatlah daftar belanjaan sebelum ke pasar/ berbelanja.

Berikut ini disajikan salah satu contoh anggaran rumah tangga dari satu keluarga.

Cara Menerapkan Pola Hidup Efisien dalam Berkonsumsi 1

0 Response to "Cara Penerapan Konsumsi yang Efisien"

Post a Comment