Unsur dan Tingkatan Manajemen

Unsur Unsur dan Tingkatan Manajemen - Adalah langsung saja kita bahas berdasar materi dibawah ini.


Unsur dan Tingkatan Manajemen


Unsur Manajemen

Unsur-unsur manajemen, terdiri atas manusia, mekanisme kerja, dan tujuan.
a. Manusia (Orang)
Manusia adalah mereka yang telah memenuhi syarat tertentu dan telah menjadi unsur yang tidak terpisahkan dari organisasi atau badan usaha tempat ia bekerja.
b. Mekanisme Kerja
Mekanisme kerja adalah tata cara dan tahapan yang harus dilalui
orang yang mengadakan kegiatan bersama untuk mencapai tujuan.
c. Tujuan Manajemen
Tujuan utama manajemen, yaitu memberi kemudahan kepada pencapaian produktivitas organisasi dengan cara mengu rangi ketidak pastian dalam mewujudkan berbagai aktivitas organisasi (badan usaha) yang berbeda. Hal tersebut akan dicapai dengan cara membuat rencana bagi setiap kegiatan. Produk tivitas organisasi berarti tingkatan dari nilai-nilai yang dibuat oleh suatu organisasi. Misalnya, sejumlah produk mobil yang diproduksi, sesuai dengan kualitas standar yang telah ditentukan. Tujuan manajemen mengandung hal-hal seperti sasaran, maksud, misi, batas waktu, standar, dan target.


Tingkatan dalam Manajemen

Dari definisi manajemen, dikenal istilah manajer. Manajer adalah seseorang yang bertindak sebagai perencana, pengorganisa sian, pelaksana, dan pengendali sumber daya untuk mencapai tujuan. Seorang manajer yang baik harus memiliki sifat kepemimpinan. Kepemim pin an adalah sikap dan perilaku untuk memengaruhi bawahan agar mereka mampu bekerja sama dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Manajer dibedakan berdasarkan cakupan aktivitas yang dilakukan, berdasarkan jenjang atau hierarki dan peranan manajer dalam organisasi.

a. Cakupan Aktivitas yang Dilakukan
Berdasarkan cakupan aktivitas yang dilakukan, manajer dibedakan menjadi manajer umum dan manajer fungsional.
1) Manajer Umum (General Manager)
Seorang manajer yang bertanggung jawab atas semua aktivitas seperti produksi, penjualan, pemasaran, dan keuangan untuk sebuah organisasi atau perusahaan.
2) Manajer Fungsional (Functional Manager)
Seorang manajer yang bertanggung jawab hanya atas satu aktivitas organisasi, seperti manajemen keuangan atau manajemen sumber daya manusia.

b. Jenjang dan Hierarki
Berdasarkan jenjang atau hierarkinya, manajer dibedakan sebagai berikut.
1) Manajer Puncak (Top Manager)
Manajer puncak adalah jenjang manajemen tertinggi yang biasanya terdiri atas dewan direktur dan direktur utama. Manajer puncak ber tanggung jawab pada manajemen keseluruhan dari sebuah organisasi. Mereka menetapkan kebijakan operasional dan pedoman interaksi organisasi dengan lingkungannya. Biasanya nama jabatan manajer puncak adalah Chief Executive Officer (CEO), presiden, dan wakil presiden organisasi.
2) Manajer Tingkat Menengah (Middle Manager)
Setingkat di bawah manajer puncak adalah manajer tingkat menengah. Tugas utamanya adalah mengembangkan rencanarencana operasi dan menjalankan keputusan-keputusan yang telah ditetapkan manajemen puncak serta bertanggung jawab kepada manajer puncak. Termasuk ke dalam tingkat manajer tingkat menengah adalah kepala bagian/divisi dan kepala seksi.
3) Manajer Pelaksana atau Manajer Tingkat Pertama (Supervisory Manager/First-Line Manager)
Manajer pelaksana adalah manajemen tingkat paling bawah. Tugasnya terutama untuk menjalankan keputusan dan rencana yang telah ditentukan manajemen menengah. Mereka bertanggung jawab mengawasi pelaksanaan pekerjaan sehari-hari (operasional) dan tidak membawahi manajer lain. Termasuk ke dalam manajer pelaksana adalah kepala mandor, mandor, manajer tim sepak bola, dan kepala sekolah.

0 Response to "Unsur dan Tingkatan Manajemen"

Post a Comment