Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli - Adalah seperti halnya ilmu ekonomi, manajemen juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu sesuai dengan keadaan zaman. Catatan dan ide yang berhubungan dengan manajemen sudah ada sejak zaman kuno. Misalnya, interpretasi atau penafsiran terhadap tulisan peninggalan di Mesir pada 1300 sebelum Masehi, menunjukkan pengakuan betapa pentingnya organisasi dan administrasi di dalam pemerintahan. Akan tetapi, manajemen modern seperti yang di kenal saat ini baru muncul pada 1800-an. Dari sinilah teori ma najemen akhirnya terus ber evolusi mengikuti perubahan zaman.

Manajemen bukanlah persoalan baru bagi manusia, karena umurnya sejalan dengan mulainya manusia hidup berkelompok dan berusaha mewujudkan cita-cita bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bagi setiap orang yang ingin belajar ilmu manajemen, perlu mengetahui sejarah perkembangan pemikiran manajemen yang akan membantu menemukan kembali ide-ide dasar yang telah diletakan oleh para pendahulu.

Menurut literatur/ kepustakaan bahwa manajemen berkembang dari dua aliran yaitu sebagai berikut.
1. Aliran Continental atau yang berasal dari Eropa barat yaitu Belanda. Aliran ini berpendapat, manajemen adalah bagian dari rumpun ilmu ekonomi perusahaan dan tidak merupakan ilmu yang berdiri sendiri.
2. Aliran Anglo Saxon yang bersumber di Amerika. Aliran ini berpendapat, manajemen merupakan suatu ilmu yang dalam perkembangannya sedang mendewasakan diri sebagai suatu disiplin ilmu yang betul-betul dapat berdiri sendiri.



Pengertian Manajemen

Konsep manajemen muncul sebagai konsekuensi logis dari tidak seimbangnya pengembangan teknis dengan kemampuan sosial. Istilah manajemen dikemukakan oleh berbagai ahli dari sudut pandang yang berbeda, sesuai dengan latar belakang yang dimiliki. Beberapa definisi yang digunakan oleh para ahli, antara lain sebagai berikut.
a. James A. F. Stoner, dkk. (1996), mendefinisikan manajemen sebagai proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan me ngen dalikan pekerjaan anggota organisasi serta menggu nakan semua sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
b. Paul Hersey dan Kenneth Blanchard, mendefinisikan manajemen sebagai suatu usaha yang di lakukan dengan dan bersama individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.
c. Siswanto (2005), memberi batasan manajemen sebagai seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pe ngendalian terhadap orang serta mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.

Berdasarkan beberapa definisi yang telah dikemukakan oleh para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen adalah suatu keahlian atau teknik untuk merencana kan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengawasi peng gunaan sumber daya secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan.

Efektif, artinya harus melaksanakan sesuatu dengan tepat (doing the right thing) atau menyelesaikan aktivitasnya untuk mencapai tujuan dari manajemen organisasi itu sendiri. Efisien, artinya melakukan sesuatu dengan tepat atau (doing thing right) atau memfokuskan pekerjaannya pada upaya untuk meminimalisasikan biaya sumber daya yang digunakan dengan penuh tanggung jawab.

Manajemen diperlukan oleh setiap organisasi, tujuan antara lain:
a. menjaga keseimbangan kepentingan-kepentingan yang saling bersinggungan dalam perusahaan;
b. mencapai efisiensi dan efektivitas organisasi.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli


Dari beberapa pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan seni dan ilmu.
a. Manajemen sebagai Seni
Manajemen sebagai seni diartikan sebagai keahlian, kemahiran, kemampuan, serta keterampilan dalam menerapkan prinsip, metode, dan teknik dalam meng gunakan sumber daya secara efektif dan efisien. Jadi, manajemen sebagai seni secara tidak langsung menunjukkan bahwa mana jemen sangat bergantung pada keahlian dan sikap atau pelaksana di dalam mencapai tujuan organisasi.
b. Manajemen sebagai Ilmu
Manajemen dikatakan sebagai ilmu karena manajemen dapat dipelajari dan tersusun atas bagian-bagian yang sistematis dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Jadi, manajemen sebagai ilmu merupakan akumulasi pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi.

0 Response to "Pengertian Manajemen"

Post a Comment