Ketenagakerjaan

Ketenagakerjaan - Hari ini kita akan membahas tentang ketenagakerjaan. Penduduk adalah salah satu modal pembangunan suatu negara. Pada materi pelajaran ekonomi di kelas X dulu, Anda telah mengenal tentang pendapatan nasional. Dalam konsep pendapatan nasional, jumlah penduduk akan memengaruhi pendapatan per kapita suatu negara. Karena, pendapatan per kapita dihitung dari jumlah pendapatan nasional dibagi dengan jumlah penduduk. Namun, jumlah penduduk yang meningkat pesat bisa menimbulkan masalah bagi pembangunan. Mengapa demikian? Bukankah kondisi pertambahan penduduk menunjukkan adanya peningkatan faktor produksi? Untuk mengetahui jawabannya, perhatikan peta konsep berikut ini!




Perkembangan jumlah penduduk yang tidak diimbangi dengan peningkatan kesempatan kerja akan menimbulkan pengangguran. Pengangguran mengakibatkan menurunnya pendapatan nasional. Karena itu, pengangguran merupakan permasalahan ketenagakerjaan yang dialami oleh semua negara. Mengatasi masalah pengangguran juga merupakan tujuan pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah di seluruh dunia. Untuk itulah, tingginya angka pengangguran merupakan masalah penting yang harus segera diatasi oleh pemerintah. Maka, wajar bila dikatakan salah satu indicator keberhasilan pembangunan, antara lain, adalah keberhasilan pemerintah dalam mengurangi pengangguran.

Salah satu bidang pembangunan yang diselenggarakan pemerintah adalah pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui peningkatan pendapatan per kapita dan pendapatan nasional. Tingginya angka pengangguran merupakan hambatan dalam mewujudkan tujuan tersebut.

Pengangguran menimbulkan masalah perekonomian, sosial, dan yang lainnya. Untuk itulah, pembangunan ekonomi juga bertujuan untuk mengurangi jumlah pengangguran. Mengapa? Melalui pembangunan ekonomi, pemerintah berusaha untuk meningkatkan investasi. Peningkatan investasi akan memperluas dan menciptakan kesempatan kerja baru. Dengan demikian, angkatan kerja yang belum mendapatkan kesempatan kerja dapat terserap seluruhnya. Bila hal ini terjadi, apakah pembangunan nasional akan meningkat?

Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut, pelajarilah materi bab ini hingga tuntas!

0 Response to "Ketenagakerjaan"

Post a Comment